Skip to main content

Kuliah Tamu "Fit for the Future : A Sharing of Experience"


gambar pak Ahmadsyah Alghozi Nugroho

Bapak Ahmadsyah Alghazi Nugroho atau biasa disapa Pak Holly , beliau saat ini bekerja sebagai Data Architect di perusahaan perminyakan Internasional Shell, salah satu perusahaan minyak yang terbesar. Beliau membagikan ngalamannya dalam kuliah tamu di Aula Informatika ITS pada hari Selasa, 27 Agustus 2019. Berikut ilmu yang beliau bagikan:

Quote yang digunakan beliau"where is a will, there is a way. If no way could be found, look at how strong the will is." dan "man jadda wa jadda"
ini adalah quote yang dijadikan pedoman oleh beliau yang pada saat itu dikatakan olwh orang tua beliau.
untuk mencari will/kemauan kita membutuhkan interest atau ketertarikan dan vision board

- interest :
Dalam hidup tentu diperlukan tujuan supaya mengarahkan kita meraih masa depan. Tujuan itu bisa didapatkan dari apa yang kita suka. Pak Holly menjelaskan bahwa belliau suka bermain game. Dan beliau bersemangat untuk masuk informatika ITS agar dibelikan komputer untuk digunakan bermain game. interest dapan membantu mendorong kita agar pantang menyerah untuk meraih keinginan kita
 
- vision board : 
Pak Holly memberikan saran untuk membuat  sebuah kertas impian yaitu : sebuah kertas kecil bertuliskan mimpi-mimpi yang ingin dicapai, lalu tempelkan di tempat yang sering kita lihat. Jika kita sering melihat/mengingat impian kita, maka kita akan dengan mudah bisa meraihnya.
 

- Generalist & Specialist 

pengertian:                                                             

Generalist : mengetahui semuanya tetapi tidak mendalaminya (dalam hal bekerja)

Specialist : mengetahui satu hal tapi sangat mendalaminya (dalam hal bekerja)

Menurut Pak Holly, hendaknya kita bisa menjadi keduanya. Ikutilah kebutuhan pasar. Jika memang dibutuhkan generalist, maka kita perlu menambah ilmu kita. Jika yang diperlukan seorang specialist, maka perdalam ilmu yang kita miliki. 
 
- kemampuan (skill)

- Skills

Usaha tidak hanya belajar serta berdoa saja tapi diperlukan untuk mengembangkan skill juga. skill dapat menunjang kita agar lebih mudah mengerjakan pekerjaan kita. skill penting yang harus dimiliki :
  1. Domain Skill
  2. Business Skil
  3. Communication Skil
  4. Leadership Skil
  5. Networking Skil
  6. Other Skill (especially hobby)
 
 -  perkiraan pasar
menurut pak Holly ini adalah topik permasalahan  masa depan yang dapat kita gunakan untuk mempermudah menentukan arah kedepannya :
  • Jaringan 5G
  • Faster Wi-Fi
  • AI dan Machine Learning
  • Blockchain
  • RPA
  • Conversational AI
  • ACPCs
  • Connected vehicles, autonomous drone, smart city
  • XaoS, UI/UX, Privacy

 
 

Comments

Popular posts from this blog

Percobaan PBO jam digital

Terdapat 2 class untuk membuat digital clock yaitu class digital clock dan clock label, di dalam clock label kita dapat membuat warna, jenis font, tata cara penulisan jam, serta letak nya. 1.digitalclock /** * * * @author muhammad irfan * @version 0.1 */ import java.awt.Font; import java.awt.Color; import java.awt.GridLayout; import java.awt.event.ActionEvent; import java.awt.event.ActionListener; import javax.swing.JFrame; import javax.swing.JLabel; import javax.swing.Timer; import javax.swing.SwingConstants; import java.util.*; import java.text.*; public class DigitalClock { public static void main(String[] arguments) { ClockLabel dateLable = new ClockLabel("date"); ClockLabel timeLable = new ClockLabel("time"); ClockLabel dayLable = new ClockLabel("day"); JFrame.setDefaultLookAndFeelDecorated(true); JFrame f = new JFrame(&q